Assessment Center


Sebagai sentral penyelengaraan pembangunan dan pelayanan publik tentunya diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang kualitasnya melebihi masyarakat dan swasta, begitu juga dalam sebuah oragansasi/perusahaan. Setiap perusahaan memiliki standarisasi tertentu untuk sebuah posisi jabatan kerja, harapan perusahaan tentunya karyawan tidak terlalu lama dalam mewujudkan harapan perusahaan. Maka diperlukan sebuah metode yang dapat mendeteksi kompetensi aparat dan juga karyawan perusahaan. Metode tersebut merupakan pusat penilaian atau Assessment Center bagi semua aparat yang ada dalam satu sistem pemerintahan, metode tersebut dipercaya sebagai metode dengan tingkat validitas tinggi. Thornton menyatakan bahwa “Assessment Center is method of assessing potential do handle future responsibilities through the use of behavior simulations that measures an assesses abilities against criteria of managerial effectiveness” (Assessment Center adalah metode penilaian potensi yang menangani tanggung jawab masa depan melalui penggunaan simulasi perilaku yang mengukur kemampuan menilai terhadap kriteria efektivitas manajerial). Sedangkan Lewis mendefinisiskan Assessment Center merupakan a method for assessing aptitude and performance; applied to a group of participants by trained assessors using various aptitude diagnostic processes in order to obtain information about applicants' abilities or development potential (metode untuk menilai bakat dan kinerja, diterapkan pada sekelompok peserta oleh penilai terlatih menggunakan berbagai proses diagnostik bakat untuk memperoleh informasi tentang kemampuan pelamar atau potensi pengembangan). Secara ringkas Assessment Center adalah sebuah prosedur atau kegiatan yang digunakan untuk mengevaluasi SDM guna pengembangan. Proses penilaian yang dilakukan dalam Assessment Center dilakukan dengan berbagai metode sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih lengkap dan lebih akurat mengenai (kemampuan) dan potensi yang dimiliki oleh tenaga kerja tersebut. Tujuan Assessment Center adalah untuk mendapatkan indikasi terbaik dari kemampuan aktual atau potensi untuk melakukan tugas yang ditargetkan pada level atau tingkat tertentu, dan membantu management dalam membuat keputusan promosi/diagnosis keberhasilan secara objektif dan memberikan data mengenai kekuatan/area yang perlu dikembangkan. Selain untuk memajukan perusahaan, Assessment Center berfungsi untuk menghargai performansi karyawan dan membuat mereka lebih termotivasi, mempererat hubungan perusahaan dengan karyawan, menyediakan peluang baru bagi karyawan dalam peningkatan karirnya, mengetahui dan memodifikasi rencana program pelatihan karyawan sesuai kebutuhan.

"Bring Out the Best in You"